Sukarno yang Misterius. Inilah kekayaan tujuh presiden RI. Siapa yang terkaya?

Uncategorized12 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Indonesia telah mempunyai 7 orang presiden yang memimpin negara ini sejak tahun 1945. Hingga tahun ke-78 kemerdekaan, Indonesia diperintah oleh Sukarno hingga Joko Widodo saat ini.

Menjadi orang nomor 1 di Indonesia tentunya akan selalu menjadi masalah dalam segala hal, termasuk harta benda para presiden tersebut.

Di bawah ini adalah daftar dan perkiraan kekayaan bersih ketujuh presiden Republik Indonesia secara keseluruhan.

1.Sukarno

Masih belum diketahui secara pasti berapa total harta presiden pertama Republik Indonesia tersebut. Namun menurut surat kabar Austria Kronen Zeitung edisi 17 dan 19 Desember 2012 yang dikutip detikcom, di tahun yang sama kekayaan Sukarno dikabarkan berjumlah US$180 miliar yang disimpan di bunker Union Bank of Switzerland. (UBS).

Sedangkan surat kabar Kronen Zeitung merupakan salah satu surat kabar tertua di Austria yang terbit pada tanggal 2 Januari 1900.

2. Soeharto

Mengutip detikcom, Departemen Keuangan AS menemukan adanya transfer hingga US$9 miliar ke bank Austria pada tahun 1998 setelah Soeharto lengser. Uang itu milik Presiden kedua Republik Indonesia.

Namun angka tersebut diyakini hanya sebagian kecil dari aset yang dimiliki Soeharto selama menjabat pada periode 1966-1998.

Sementara itu, organisasi keuangan internasional Time Warner Inc. Diberitakan, aset Soeharto mencapai sekitar US$15 miliar, termasuk US$9 miliar yang ditransfer dari sebuah bank di Swiss ke bank di Austria.

3.BJ Habibi

Belum diketahui secara pasti berapa nilai aset BJ Habibie, namun media cetak Asia Far Eastern Economic Review pernah memberitakan, aset BJ Habibie mencapai US$60 juta.

Asia Far Eastern Economic Review adalah publikasi bisnis berbahasa Inggris terbesar di Asia, yang berkantor pusat di Hong Kong. Aset BJ Habibie berupa hak kekayaan intelektual atas sejumlah penemuan di bidang teknologi dan sejumlah usaha di bidang teknologi.

Baca Juga  Tiga Tambang Australia Tutup, Bos Prancis Akui Nikel RI Bisa

Melansir Globe Asia, anak BJ Habibie, Ilham Habibie dan Tarek Habibie Iltabi Rekatama, tercatat memiliki kekayaan sebesar US$250 juta di sejumlah perusahaan teknologi milik keluarga Habibie.

4. Abdurrahman Wahid (Gus Dur)

Abdurrahman Wahid yang biasa disapa Gus Dur memiliki harta kekayaan sebesar Rp3,49 miliar berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 2001.

Kekayaan tersebut berasal dari tanah dan bangunan, transportasi, logam mulia, surat berharga, serta giro dan uang tunai.

5.Megawati Sukarnoputri

Berdasarkan prakiraan LHKPN 2014, kekayaan Megawati mencapai Rp96,16 miliar.

Ia memiliki tanah dan bangunan senilai total Rp36 miliar, transportasi senilai Rp1 miliar, surat berharga senilai Rp33 miliar, serta giro dan uang tunai senilai Rp1 miliar.

6. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Berdasarkan data LHKPN 2014, SBY diketahui memiliki harta senilai Rp13,98 miliar. Aset tersebut berasal dari berbagai sumber, mulai dari transportasi senilai maksimal Rp500 juta, tanah dan bangunan senilai Rp5 miliar, serta giro dan uang tunai senilai Rp6 miliar.

7.Joko Widodo (Jokowi)

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), harta kekayaan Jokowi berjumlah Rp95,8 miliar. Harta tersebut terdiri dari berbagai hal mulai dari tanah, kendaraan, dan harta bergerak lainnya.

Sedangkan harta milik Jokowi antara lain 20 unit tanah dan bangunan senilai Rp66,20 miliar mulai dari Jakarta Selatan, Sukarta, Karanganyar hingga Sukoharjo.

Sedangkan alat angkut dan mesin senilai Rp 432 juta, antara lain dua unit mobil pikap Suzuki tahun 1997 dan 2002, dua unit mobil Mercedes-Benz tahun 1996 dan 2004, satu unit truk Isuzu tahun 2002, satu unit Nissan Grand Livina tahun 2010, satu unit Nissan Juke tahun 2012, dan satu unit mobil Nissan Juke tahun 2001. Yamaha Vega. traktor berjalan di belakang

Baca Juga  IHSG menguat hingga Medikaloka Hermina berganti direksi

Selain itu, orang nomor satu di Indonesia ini juga memiliki harta bergerak senilai Rp356.950.000 dan uang tunai dan setara kas senilai Rp15.338.433.676. Tercatat, Jokowi tak punya utang.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Daftar Kekayaan 7 Presiden RI: Siapa yang Terkaya dan Termiskin?

(menetas/menetas)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *