Simak 6 tips OJK untuk mencegah kejahatan bank

Uncategorized70 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Seiring dengan semakin canggihnya teknologi, kejahatan dunia maya juga semakin sering terjadi dalam berbagai bentuk baru.

Rezim kejahatan perbankan selalu disembunyikan dengan memanfaatkan kelalaian konsumen dalam melindungi data pribadi.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga membagikan tips menjaga keamanan akun dan terhindar dari peretasan. Mengutip postingan Instagram resmi OJK, Selasa (25 Juli 2024), berikut enam tips menjaga keamanan akun Anda.

-Aktifkan fitur notifikasi transaksi SMS. Jika ada transaksi di rekening Anda, baik masuk maupun keluar, bank akan mengirimkannya.

-SMS notifikasi ke nomor telepon yang terdaftar di akun. Periksa riwayat atau saldo akun Anda secara teratur. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah, kapan saja dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau Internet banking Bank.

-Untuk memastikan keamanan data, lindungi perangkat seluler Anda dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, seperti sidik jari atau pemindaian wajah.

-Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari penggunaan Wi-Fi umum atau gratis untuk melakukan transaksi perbankan.

-Lindungi data pribadi Anda. Jangan sekali-kali memberitahukan user ID, password, kode OTP, PIN rekening atau nama ibu kepada siapapun termasuk pihak bank. Ubah kata sandi Anda secara teratur.

– Hati-hati saat menggunakan ATM. Untuk menghindari skimming, pastikan tidak ada benda mencurigakan di ATM berupa perangkat lain atau nomor telepon bank tidak resmi. Jika Anda kesulitan menggunakan ATM, segera datang ke bank. Berhati-hatilah terhadap orang-orang di dekat ATM yang menawarkan bantuan, karena ada risiko seseorang mengetahui kata sandi Anda atau mengkloning kartu Anda.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Bos OJK: Momentum pemilu lembaga keuangan akan berlangsung cepat hingga akhir tahun 2024

Baca Juga  72 Artis yang Tinggalkan SM Entertainment, Termasuk Lee Soo Man dan Terbaru Sunny SNSD

(ay/ay)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *