Sampoerna buka dua pabrik baru di Kretek, investasi Rp 638 miliar

Uncategorized194 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) berencana membuka dua pabrik rokok kretek tangan (SKT) baru di kota Blitar dan Tegal dengan nilai investasi Rp 638 miliar.

Direktur Utama HMSP Vassilis Gkatzelis mengatakan investasi tersebut akan memperkuat portofolio SKT Sampoerna yang telah beroperasi sejak tahun 1913, serta akan menciptakan multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja di sektor formal.

“Penambahan kapasitas produksi SKT Sampoerna melalui investasi sebesar Rp638 miliar (sekitar US$42 juta) akan memperkuat portofolio SKT Sampoerna yang sudah berdiri sejak tahun 1913,” ujarnya, seperti dikutip dalam siaran pers, Kamis (23/11/2023). .

Proyek ini saat ini sedang dalam tahap pemilihan lokasi dan proses persiapan sedang berlangsung di kedua wilayah tersebut, termasuk rencana perekrutan.

Sampoerna saat ini mengoperasikan empat fasilitas manufaktur SKT di Surabaya, Malang dan Probolinggo. Selain itu, terdapat 2 fasilitas produksi rokok olahan mesin di Pasuruan dan Karawang, serta 1 fasilitas produksi tembakau tanpa asap yang inovatif di Karawang.

Selain itu, Sampoerna juga menjalin kerja sama dengan 38 mitra manufaktur (MPS) yang tersebar di 28 kabupaten/kota di Pulau Jawa. MPS dimiliki dan dioperasikan oleh pengusaha daerah dan/atau koperasi lokal yang memproduksi merek SKT Sampoerna.

Total tenaga kerja Sampoerna saat ini berjumlah lebih dari 76.000 orang, baik langsung maupun tidak langsung, dimana sekitar 90% diantaranya merupakan karyawan pabrik manufaktur SKT.

Rencananya, pada tahun 2024, mitra produksi SKT Sampoerna berjumlah 43 MPS yang tersebar di seluruh Pulau Jawa.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Laba HM Sampoerna (HMSP) naik 18,69% menjadi Rp 3,04 triliun

Baca Juga  Rupee masih tertekan menjelang data inflasi AS

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *