Saham BRI diperkirakan akan terus mencetak rekor berkat Ultra Micro Holding

Uncategorized200 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mencapai rekor tertingginya Yang tertinggi yang pernah ada (ATH) pada Rabu (21/2/2024) ke level Rp 6.375. KE sejauh tahun iniSaham BBRI menguat 11,35% dan berkali-kali memecahkan rekor baru.

Pada penutupan perdagangan (21 Februari 2002), saham BBRI masih kokoh di Rp 6.300 per saham dengan kapitalisasi pasar Rp 954,82 triliun. Reli harga saham dipicu oleh hasil keuangan yang mengesankan pada tahun 2023, tercermin dari pertumbuhan penyaluran kredit sebesar dua digit, khususnya di segmen UMKM.

Dari sisi fungsi intermediasi, hingga akhir Desember 2023, BRI berhasil mencapai pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 11,2% year-on-year menjadi Rp 1.266,4 triliun. Capaian tersebut tercatat lebih tinggi dibandingkan penyaluran kredit industri perbankan nasional sebesar 10,4% year-on-year selama tahun 2023.

Secara rinci, seluruh segmen kredit BRI mencatatkan pertumbuhan positif, segmen mikro mencatatkan kenaikan 10,9% YoY menjadi Rp 611,2 triliun, segmen konsumer tumbuh 13,4% YoY menjadi Rp 190,0 triliun rupiah, segmen kecil dan menengah tumbuh 8,6% year- on-year menjadi Rp 267,5 triliun. dan segmen korporasi tumbuh 13,8% year-on-year menjadi Rp 197,7 triliun.

Di balik pencapaian positif tersebut, sejumlah analis di berbagai perusahaan sekuritas terkemuka telah memberikan peringkat Beli pada saham BBRI.

“BBRI melaporkan pertumbuhan pinjaman yang kuat di FY23 (+11.2% YoY), dipimpin oleh segmen pasar mikro dan menengah. segmen mikro (salah satunya Kupedes yang tumbuh 64% YoY di FY23),” kata Analis Samuel Sekuritas Indonesia Prasetya Gunadi seperti dikutip, Kamis (22 Februari 2024).

Analis juga merekomendasikan pembelian saham BBRI karena melihat momentum saham tersebut dan perusahaan terus melihat pertumbuhan pinjaman di segmen ultra mikro, termasuk dari PNM dan Pegadaian.

Baca Juga  Lagi! Bos BI Luncurkan Obat Herbal Pahit dan Manis untuk Menyelamatkan Ri

“Kami memperkirakan pertumbuhan pinjaman pada segmen ultra mikro (PNM dan Pegadaian) akan terus melampaui pinjaman perbankan dan menyumbang lebih dari 12% dari total pinjaman BBRI pada tahun 2024 (meningkat dari tahun 2023 sebesar 9%). ),” jelasnya.

Dengan kisaran target pertumbuhan pinjaman yang mencapai 11-12% secara tahunan pada tahun ini, BBRI kemungkinan akan mencatatkan pertumbuhan EPS tahunan sebesar 10,9% untuk setahun penuh pada tahun 2024.

Prasetya Gunadi juga menilai saham BBRI dalam kategori Beli dengan target harga Rp 6.800 per saham, menyiratkan PBV 3,1x. Tujuan ini didukung oleh struktur permodalan yang kuat.

“Kami tetap menyukai BBRI karena kami yakin BBRI akan terus mencatatkan pertumbuhan pinjaman sebesar dua digit pada tahun depan, didukung oleh segmen Ultra Mikro dan Kupedes yang akan membantu menstabilkan NIM meskipun ada tekanan dari CoF (cost of fund),” tulisnya.

Dalam kesempatan lain, Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan keberadaan holding Ultra Mikro akan dijadikan sumber pertumbuhan baru bagi perseroan.

BRI akan terus fokus pada UMKM khususnya di segmen ultra mikro. Oleh karena itu, sambil melanjutkan aktivitas dan strateginya, kepemilikan ultra-mikro akan tetap menjadi prioritas utama sebagai sumber pertumbuhan baru.

Sunarso menambahkan hingga akhir Desember 2023, Holding Ultra Mikro telah berhasil mengintegrasikan 37 juta nasabah peminjam. Apalagi menurut Sunarso yang utama adalah pemberdayaan, dan semangat utama pemberdayaan bukanlah pinjam-meminjam.

“Kalau kita tahu Grameen Bank fokus memberikan pinjaman. Ternyata pemberdayaan masyarakat tidak dilakukan melalui pinjaman, namun dengan mengajarkan cara menabung. Oleh karena itu, Ultra Micro Holding kini memiliki 173 juta nasabah mikro yang membuka tabungan. “Ini penting. Dan kemudian ada 37 juta nasabah yang menerima pinjaman ultra mikro,” pungkas Sunarso.

Baca Juga  Yen jatuh ke level terendah dalam 34 tahun

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Saham BRI Jatuh Lagi, Saatnya Beli?

(dpu/dpu)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *