Saat Sri Mulyani menyambut Dirut BRI sebagai calon peraih Nobel

Uncategorized97 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pidato pada acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (3 Juli 2024).

Dalam kesempatan tersebut, beliau berbicara tentang peran UMKM dalam pembangunan perekonomian negara. Ia juga berbicara tentang pendanaan yang disalurkan oleh bank ke sektor ini, yang menyumbang sekitar 60% dari produk domestik bruto (PDB).

Sebelum acara dimulai, Sri Mulyani menyambut Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, serta Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sunarso.

Yang paling menarik adalah saat Sri Mulyani menyambut baik Sunarso sebagai calon peraih Nobel. “Dirut Sunarso akan menerima Hadiah Nobel,” ujarnya.

Sambutan tersebut disambut tepuk tangan seluruh tamu di BRILian Tower Jakarta.

Pernyataan Sri Mulyani bukannya tanpa alasan. Hal senada juga diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menyampaikan pidato pertamanya.

Jokowi memuji partisipasi Ultramicro Holding dalam mendukung pembiayaan UMKM. Kepala Negara bahkan menyebut Sunarso pantas mendapat hadiah Nobel atas karyanya.

Jokowi mengaku senang dengan kehadiran UMi yang selain PNM Mekaar dan KUR, memiliki 8,2 juta nasabah dengan maksimal pinjaman 10 juta.

“UMi sebelumnya memiliki 8,2 juta pelanggan dan PNM Mekaar memiliki 15,2 juta pelanggan. Saya ingat PNM Mekaar hanya memiliki sekitar 400.000 pelanggan pada tahun 2015,” ujarnya.

Jokowi membandingkan Sunarso dengan Muhammad Yunus, pendiri Grameen Bank asal Bangladesh, sebuah perusahaan kredit mikro yang memenangkan Hadiah Nobel pada tahun 2006.

“Bapak Muhammad Yunus menerima Hadiah Nobel karena Grameen Bank memiliki 6,5 juta nasabah. Pak Sunarso seharusnya mendapat hadiah Nobel. Mungkin karena TIDAK seseorang menyarankan. “Mungkin persoalan Hadiah Nobel bisa terselesaikan,” ujarnya.

Baca Juga  Di hadapan Jokowi, Kepala BI mengatakan dunia masih bergejolak

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Transformasi berkelanjutan membawa BRI 6 penghargaan

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *