Persaingan Likuiditas yang Sengit, Target Kredit BTN 2024 Konservatif

Uncategorized157 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menargetkan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 11% hingga 12% year-on-year (YoY) pada tahun ini. Target tersebut hampir sama dengan realisasi pertumbuhan pinjaman pada tahun 2023 yaitu sebesar 11,9% year-on-year.

Direktur Utama dan Direktur BTN Nixon L.P. Napitupulu mengatakan, hal ini sebenarnya bukan disebabkan oleh kendala penyaluran pinjaman, melainkan karena ketatnya situasi likuiditas di pasar.

Sebagai informasi, pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) perbankan di Tanah Air hanya 3,8% year-on-year, sedangkan DPK BTN naik 8,7% menjadi Rp 349,93 triliun pada Desember 2023.

“Jadi kenapa kita menargetkan kredit yang sama seperti tahun lalu, mengingat persaingan PPK mungkin masih ketat. Namun jika kami melihat situasi pembiayaannya bagus, kami akan bersikeras untuk merevisi pinjamannya ke atas. Tapi melihat situasi saat ini, kami tidak terlalu berani menargetkan lebih dari 12%,” jelas Nixon pada Paparan Kinerja BTN 2023 di BTN Tower, Senin (2 Des 2024).

Direktur Distribusi dan Keuangan BTN Jasmine mengatakan, DPK pihaknya mencakup 78% klien korporasi dan 22% klien ritel. Dia mengatakan, sebagian besar pertumbuhan DPK di BTN berasal dari pendanaan korporasi.

Jasmine mengatakan bahwa biaya dana atau biaya dana (CoF) dari korporasi lebih mahal. Dengan cara ini, BTN akan memperluas pangsa pasarnya. aset yang dikelola menetapkan nilai nominal minimal Rp 100 juta, naik dari sebelumnya Rp 500 juta.

Dengan demikian, BTN diharapkan mampu mengurangi porsi sumber pendanaan dari korporasi besar.

Selain itu, BTN juga akan lebih agresif mencari DPK melalui perusahaan afiliasi (BTN). Bank mengoptimalkan 541 mesin kasir untuk penjualan produk manajemen aset.

Sementara itu, Jasmine mengatakan BTN menargetkan pangsa dana murah atau giro saving account (CASA) sebesar 53% hingga 55% pada tahun ini. CASA berbasis ritel menjadi fokus tahun ini.

Baca Juga  5 Hal yang Perlu Diketahui mengenai Drama Korea 'THE KILLING VOTE', Lebih Hidup dari Versi Webtoonnya

“Makanya ke depan kredit akan menyesuaikan dengan likuiditas ya biaya dana Kami TIDAK itu akan terlalu tinggi. Kecuali jika pertumbuhan likuiditas nasional melebihi 10%. Itu hanya 3,8%, kan? tuntutanada lebih dari itu saham“Harganya pasti naik,” kata Jasmine di kesempatan yang sama.

Di sisi lain, dia menjelaskan target penyaluran kredit pada tahun ini tidak meningkat karena BTN ingin menjaga rasio loan to deposit atau rasio pinjaman terhadap simpanan (LDR). Jasmine mengatakan pihaknya ingin menurunkan LDR di bawah 90%.

Oleh karena itu, ia berupaya dengan berbagai cara untuk merangsang pertumbuhan DPK. Salah satunya adalah diversifikasi ke segmen baru, yakni segmen mid-market atau segmen enterprise pasar menengah. Hal ini diperlukan untuk mengurangi ketergantungan terhadap produk mahal.

Selain itu, sektor baru juga dikembangkan yaitu private banking untuk nasabah dengan simpanan lebih dari Rp 10 miliar dan private banking untuk nasabah dengan tabungan antara Rp 100 juta hingga Rp 500 juta.

BTN kemudian meningkatkan produktivitas cabangnya sebanyak 541 dengan membekalinya dengan produk pembiayaan.

Jasmine mengatakan BTN menargetkan komposisi dana murah atau current account saving account (CASA) sebesar 53% hingga 55% pada tahun ini. CASA berbasis ritel menjadi fokus tahun ini.

“Fokusnya di ritel, bagaimana kita bisa memaksimalkan pangsa 22% itu? TIDAK hingga 35% [dari DPK]. Karena jika ada selisih antara perdagangan eceran dan grosir, maka cost of fund-nya berkisar 1,5-2%. “Kalau kita bisa menghemat Rp 10 triliun, kita bisa menekan cost of fund minimal Rp 200 miliar,” tutupnya.

Sedangkan untuk DPK secara keseluruhan, BTN merencanakan pertumbuhan sebesar 9-10% pada tahun 2024.

[Gambas:Video CNBC]

Baca Juga  Lo Kheng Hong dan Dendy Soerjono mengambil alih private penempatan CIMB Niaga

Artikel berikutnya

BTN mengungkap pandangannya atas kabar akuisisi Bank Muamalat

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *