Perlu diketahui: ini syarat dan modal untuk membuka Indomart sendiri.

Uncategorized87 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Siapa yang tak kenal Indomaret? Indomaret adalah salah satu jaringan toko serba ada paling populer di Indonesia, yang menawarkan berbagai kebutuhan dan kebutuhan sehari-hari.

Minimarket dengan warna khas merah, biru, dan kuning ini merupakan anak perusahaan Salim Group yang sejak tahun 1997 telah membuka peluang bagi siapa saja yang ingin menjalin kemitraan waralaba.

Jika digarap dengan serius, bisnis franchise brand convenience store multi lokasi ini bisa menghasilkan keuntungan yang menggiurkan bahkan bisa menjadi sumber pendapatan utama.

Lantas, apa saja syarat dan biaya pembukaan gerai Indomaret? Begini caranya, kutipan dari laman resmi indomaret.co.id

Syarat pembukaan toko indomaret

Warga Negara Indonesia (WNI)

Menyediakan tempat usaha di tempat komersial dengan luas ideal 120-200 m2.

Memiliki izin penuh untuk menjalankan usaha toko serba ada: Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau Izin Mendirikan Bangunan (PBG), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Nomor Pokok Wajib Pajak (PKP), Izin Lingkungan, Tempat Tinggal (bila diperlukan), Nomor Pokok Usaha (NIB ), pendaftaran waralaba. Surat Keterangan (STPW) dan persetujuan lainnya sesuai dengan ketentuan perizinan yang berlaku.

Menyediakan dana investasi

Memiliki jiwa wirausaha dan fokus pada sistem waralaba Indomaret.

Tahapan pembukaan toko indomaret

Presentasi pertama

Agar pemaparan lebih efektif dan dapat segera ditindaklanjuti, maka pewaralaba yang telah memiliki usulan lokasi usaha wajib membawa fotokopi dokumen pendukung seperti: Sertifikat Bangunan, IMB, KTP, KK dan (jika ada) Surat Izin Usaha Perdagangan (CIUP ), Tanda Daftar Perusahaan (CRC), NSVP, PCP dan denah lokasi.

Pemaparan pertama akan menjelaskan secara detail mekanisme kerjasama, besaran investasi, keuntungan bulanan dan sistem operasi toko.

Presentasi kedua

Pemaparan kedua akan memaparkan hasil studi kelayakan dan Anggaran Belanja (RAB) yang mengarah pada nilai investasi. Pemaparan kedua ini biasanya dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoU) yang memuat rincian pembagian tugas antara Indomaret dengan franchisee dalam persiapan pembukaan toko, renovasi gedung, pembelian peralatan toko, perekrutan dan pelatihan karyawan, serta syarat dan ketentuan pembayaran.

Pembukaan toko

Setelah semua barang yang disepakati terjual, toko siap dibuka sesuai program periklanan yang ditentukan oleh Indomaret. Segera sebelum pembukaan toko, perjanjian waralaba akan ditandatangani untuk jangka waktu lima tahun.

Perkiraan biaya yang diperlukan

Biaya waralaba selama lima tahun: Rp 36 juta.

Promosi dan persiapan pembukaan toko: Rp 9,5 juta.

Renovasi dan penambahan daya : Rp 221,5 juta (perkiraan biaya renovasi bangunan, apabila bangunan asli bukan toko akan dilakukan penyesuaian biaya)

Peralatan elektronik dan non-elektronik: Rp 227 juta.

Total modal yang dibutuhkan untuk membuka gerai Indomaret dengan sistem waralaba adalah Rp 494 juta. Namun perlu diingat bahwa biaya tersebut mungkin berbeda-beda tergantung kondisi bangunan dan jenis toko.

[Gambas:Video CNBC]

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Di hari pertama perdagangan di bursa, saham GRPH langsung anjlok 22,3%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *