Pendiri Gojek-Tokopedia hengkang: Inilah pemegang saham dan pengurus GOTO

Uncategorized46 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Seluruh pendiri perusahaan startup Gojek dan Tokopedia yang juga merupakan pemegang saham dengan hak suara ganda telah meninggalkan emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (PERGI KE).

Baru-baru ini, Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya dan Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto mengakhiri masa jabatannya sebagai Komisaris dan Direktur GOTO dan masa jabatannya tidak diperpanjang lagi. Pada saat yang sama, tokoh sentral merger Gojek-Tokopedia dan salah satu pendiri GOTO André Soelistö juga akan mundur dari dewan komisaris perusahaan.

Sebelumnya, sejumlah tokoh penting di balik Gojek dan Tokopedia sempat menghilang dari posisi penting di GOTO.

Kevin Aluwi diketahui lebih dulu mengundurkan diri dari posisi puncak GOTO. Diketahui, pada awal merger GOTO, ia menjabat sebagai direktur, kemudian posisinya dialihkan menjadi komisaris perseroan, dan kini ia tak lagi menjabat posisi tersebut. Masa jabatannya resmi berakhir pada RUPS GOTO tahun lalu.

Melisa juga. Ketika merger dimulai, dia mengambil alih sebagai direktur, tetapi setelah satu tahun dia tidak memperbarui posisinya di perusahaan tersebut.

Adapun Andre yang semula menjabat sebagai Chief Executive Officer GOTO pasca merger, posisinya diambil alih oleh Patrick Walujo pada tahun lalu dan menjabat sebagai Komisaris hingga ia mengundurkan diri dari posisi tersebut.

Hanya William yang menjabat Komisaris GOTO sejak merger Gojek dan Tokopedia. Kini dia pun sudah tidak bekerja lagi di emiten teknologi tersebut. Empat di antaranya merupakan tokoh sentral di perusahaan Gojek, Tokopedia, dan GOTO. Hal ini ditandai dengan kepemilikan saham Seri B yang memiliki hak suara 30 kali lipat dari saham biasa.

Baca Juga  Setelah mendapat protes keras, tim likuidasi membatalkan suara korban Vanartha

Sebelumnya, pendiri Gojek yang kini menjabat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, sudah meninggalkan jabatan penting di Gojek. Mengutip prospektus IPO GOTO, Nadiem diketahui memiliki 20,50% saham Gojek pada awal berdirinya, namun namanya sudah tidak tercatat lagi sebagai pemegang saham pada saat merger GOTO.

Ada pula Leontinus Alpha Edison, pendiri Tokopedia yang pada awal proses merger GOTO memegang saham Seri A dan Seri B, namun namanya hilang setelah merger resmi selesai dan perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia. Setiawan Aluwi, ayah Kevin, juga tercatat memegang saham Seri B pada awal proses merger GOTO, namun kehilangannya sebelum tercatat di bursa, mengutip prospektus IPO perusahaan.

Lantas, siapa saja pemegang saham dan manajemen GOTO lainnya? Mengutip RTI Business, hingga 30 April 2024, nama Andre, Kevin, William, dan Melissa masih tercatat sebagai pemegang saham pengendali.

William memiliki 12,58 miliar dan 7,29 miliar saham GOTO, Andre memiliki 6,73 miliar dan 2,61 miliar saham. Kevin kemudian memiliki 3,27 miliar saham GOTO dan 1,05 miliar saham. Melissa memiliki 3,99 miliar dan 1,08 miliar saham GOTO.

Selain empat individu tersebut, PT Bahan Anak Bangsa (SAB) tercatat sebagai pemegang saham pengendali yang memiliki 26,88 miliar saham GOTO. Perusahaannya sendiri merupakan organisasi yang dikendalikan oleh Andre.

Dengan hilangnya keempat tokoh tersebut, maka sisa kepemimpinan hingga penggantinya teridentifikasi adalah sebagai berikut:

Komisaris Utama : Agus D.V. Martovardojo

Komisaris Independen: Marjorie Thieu Lao

Komisaris Independen: Robert Holmes Swan

Komisaris Independen: Dirk Van den Berghe

Komisaris : Vishnutama Kusubandyo

Komisaris : Vinato Cartono

Direktur Utama: Patrick Walujo

Wakil Direktur Utama: Thomas K. Husted

Sutradara: Pablo Melayu

Baca Juga  Bank Sentral AS Ragu Turunkan Suku Bunga dan Rupee Akan Melemah?

Disutradarai oleh: Wei-Je Jackie Lo

Sutradara: Hans Patuvo

Sutradara: Katherine Hindra Sujahyo

Sutradara: Nila Marita

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

GOTO bantah rumor merger dengan Grab, manajemen ungkap suara

(ay/ay)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *