Pasar Sambut Kemenangan Prabowo, Rupee Bikin Dolar AS Bertekuk lutut

Uncategorized112 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia-Kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024 berdampak positif terhadap nilai tukar rupiah saat ini. Mata uang Garuda menguat 0,35% menjadi Rp15.655 per dolar AS. Posisi tersebut merupakan yang terkuat sejak 15 Maret 2024.

“Investor juga sudah mencermati hasil pemilu KPU terkait kemenangan Prabowo-Gibran,” kata Departemen Ekonomi, Industri, dan Pasar Global Maybank Indonesia Myrdal Gunarto, Kamis (21 Maret 2024).

Myrdal mengatakan, hasil pemilu legislatif ikut memberikan reaksi positif pasar terhadap kemenangan Prabowo-Gibran. Hasil pemilu legislatif, kata dia, menunjukkan partai pengusung calon nomor urut 2 akan mendapat suara mayoritas di parlemen.

“Hal ini menimbulkan euforia di kalangan investor global,” ujarnya.

Meski demikian, Myrdal mencatat, kondisi rupee saat ini juga sangat dipengaruhi oleh dua faktor lainnya. Kedua faktor tersebut adalah pengumuman The Fed yang mengisyaratkan penurunan suku bunga sebanyak 3 kali lipat pada tahun ini. Dia mengatakan, keputusan Bank Indonesia yang mempertahankan BI rate sebesar 6% menjadi salah satu faktor pendukung rupiah hari ini.

Sementara itu, Kepala Ekonom Bank Mandiri Andri Asmoro mengatakan penguatan rupee juga didukung oleh pernyataan The Fed pada pertemuan FOMC. Ia meyakini sikap The Fed yang menekankan kemungkinan pemotongan suku bunga federal fund sebanyak tiga kali pada tahun ini akan menyebabkan pelemahan dolar.

“Seperti yang diharapkan, sebagian besar mata uang Asia menguat pasca pertemuan FOMC,” ujarnya.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Efek Prabowo-Gibran: Akankah IHSG Tembus 7000?

(rsa/pengusir hama)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Jennifer Bachdim Jalani Pola Hidup Sehat, Akui Melelahkan Tapi Bahagia Buat Keluarga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *