Karena alasan inilah BEL memberikan kesempatan kepada perusahaan-perusahaan yang tidak menguntungkan untuk go public.

Uncategorized148 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Bursa Efek Indonesia (BEI) menjelaskan perusahaan diperbolehkan mencatatkan saham perdana atau penawaran umum perdana (IPO) meski belum mencatatkan keuntungan. Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia I Gede Nyoman Yetna menjelaskan, meraih keuntungan bukanlah syarat utama untuk mencatatkan perusahaan di bursa.

Dia mengatakan, bursa sebelumnya telah membuat ketentuan yang memungkinkan perusahaan membukukan keuntungan jika ingin melakukan IPO. Namun seiring berjalannya waktu, BEI kini juga memberikan peluang lebih dari sekedar perusahaan yang telah memperoleh keuntungan, “karena ada kondisi tertentu yang menyebabkan suatu perusahaan mungkin belum membukukan keuntungan.”

“Nah, yang perlu kita lihat sebenarnya adalah fitur-fiturnya. Karena kami menantikannya. Untuk ke depan kita lihat dulu kemampuan historisnya,” jelas Nyoman di gedung BEI, Selasa (2 Februari 2024).

Perusahaan sebenarnya bisa mendapatkan pendukung pertumbuhan baru dengan mencatatkan saham di bursa dan menerima dana segar, ujarnya. Sehingga rencana kerja perusahaan dapat terlaksana dengan baik.

“Tapi jangan salah, IPO membawa bahan bakar baru, dana baru, dan rencana ke depan, itulah yang sebenarnya mendefinisikannya,” pungkas Nyoman.

Menurut dia, sehubungan dengan IPO perlu memperhatikan prospek perusahaan. Dengan demikian, bursa membagi papan perdagangan saham menjadi tiga: papan utama, papan ekonomi baru, papan pengembangan, dan papan akselerasi.

“Secara keseluruhan, dewan percepatan dalam keadaan belum membukukan keuntungan. Yang perlu dicermati adalah rencana perusahaan ke depan, aksi korporasi apa yang dilakukan untuk merangsangnya,” kata Nyoman.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

BEI menyebutkan ada 12 perusahaan dengan aset besar yang siap IPO

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Baca Juga  Sinopsis Drama MASK GIRL 2023, Drakor Original Netflix Tentang Diskriminasi Orang Tidak Menarik yang Dibumbui Banyak Adegan Thriller

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *