Kabar buruk dari Jerman, permintaan manufaktur turun

Uncategorized78 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Pesanan pabrik dari Jerman turun secara tak terduga di bulan Maret. Fenomena ini menyoroti lemahnya sektor-sektor tertentu di Jerman dibandingkan dengan perbaikan perekonomian secara keseluruhan.

Menurut Kantor Statistik Federal pada Selasa (5/7/2024), pesanan pabrik di Jerman turun 0,4%. bulan demi bulan pada bulan Maret 2024. Hal ini menyusul revisi penurunan sebesar 0,8% pada bulan Februari dan lebih buruk dari perkiraan ekonom yang memperkirakan penurunan sebesar 0,4%.

Di sektor manufaktur, pesanan pesawat, kapal laut, dan kereta api turun 2,3%. Pesanan produksi produk fabrikasi logam juga mengalami penurunan sebesar -4,5%.

Sebaliknya, peningkatan pesanan baru terjadi pada industri otomotif (1,1%) dan manufaktur peralatan listrik (5,9%). Selain itu, pesanan baru barang modal dan barang setengah jadi turun 0,4%, sedangkan pesanan sektor barang konsumsi naik 0,7%.

Pesanan dalam negeri turun 3,6% dan pesanan luar negeri turun 2%. Pesanan dari kawasan euro naik 10,6%, sedangkan pesanan dari luar zona euro turun 2,9%.

Data menunjukkan rapuhnya perekonomian terbesar di Eropa. Namun, prospek keseluruhan membaik setelah mengalami penurunan pada akhir tahun 2023.

Manufaktur, yang memainkan peran lebih besar di Jerman dibandingkan negara-negara lain di kawasan ini, masih menjadi permasalahan. Survei yang dilakukan S&P Global menunjukkan sektor ini masih mengalami kontraksi pada bulan April, sementara aktivitas sektor jasa tumbuh pada laju tercepat dalam 10 bulan.

Pabrik-pabrik dibatasi oleh lemahnya permintaan global dan tingginya suku bunga, sehingga menghambat investasi. Industri padat energi seperti bahan kimia juga menderita akibat kenaikan harga akibat perang Rusia di Ukraina.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)

Baca Juga  Drama Kisah Cinta Putra Kerajaan yang Punya Visual bak Dewa, Alur Cerita Romantis - Tragis


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *