Inilah 5 Orang Terkaya Terbaru di Indonesia Tahun 2023, Hartanya Meningkat Rp 1.100 Triliun

Uncategorized229 Dilihat

Jakarta, CNBC Indonesia – Majalah Forbes baru saja menerbitkan daftar orang terkaya Indonesia tahun 2023. Kekayaan taipan Indonesia mengalami pertumbuhan fantastis selama setahun terakhir, naik 40% menjadi Rp 252 miliar (Rp 3,906 triliun) dari awal US$180 miliar. (Rp 2,790 triliun).

Artinya, kekayaan orang terkaya di Indonesia bertambah sebesar $1,116 triliun dalam satu tahun. Alhasil, separuh taipan RI ternyata lebih kaya dibandingkan rekor tahun lalu.

Lonjakan kekayaan di kalangan taipan Indonesia sebagian didorong oleh booming IPO di pasar modal Indonesia, dengan beberapa perusahaan terbesar menghasilkan keuntungan yang signifikan. Diantaranya adalah Barito Renewables Energy (BREN) yang dimiliki oleh Prajogo Pangestu, dan Amman Mineral International (AMMN) yang dimiliki oleh Salim, Agoes Projo, dan Keluarga Panigoro.

Berikut 5 orang terkaya di Indonesia tahun 2023 versi Forbes.

1. Hartono bersaudara

Meski gabungan kekayaan mereka hanya meningkat tipis menjadi US$48 miliar (Rp 744 triliun), Robert Budi dan Michael Hartono tetap berada di peringkat pertama.

2. Prajogo Pangestu

Lonjakan paling mengesankan tahun ini datang dari perusahaan petrokimia dan energi milik Prajogo Pangest. Kekayaan bersihnya meningkat lebih dari delapan kali lipat menjadi US$43,7 miliar (Rp 677 triliun) – dari US$5,1 miliar tahun lalu, Prajogo melonjak lima peringkat ke peringkat satu. 2 untuk pertama kalinya. Dua emiten IPO barunya, produsen energi panas bumi Barito Renewables Energy dan penambang batu bara Petrindo Jaya Kreasi, menjadi diva pasar modal tahun ini.

3. Kwong Rendah

Raja pertambangan Indonesia Low Tak Kwong juga mencatatkan pertumbuhan aset yang fantastis pada tahun ini. Asetnya meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi US$27,2 miliar (Rp 421 triliun) berkat kepemilikannya atas Bayan Resources (BYAN), produsen batubara terbesar ketiga di Indonesia. Meskipun demikian, Low Tak Kwong turun ke posisi ke-3, di belakang kekayaan Prajogo yang meningkat pesat.

Baca Juga  Mandala Multifinance (MFIN) mohon restu untuk pergantian pengendali

4. Keluarga Vijaja

Meski tidak mencatatkan pergerakan bisnis besar-besaran atau manuver pasar modal, kekayaan keluarga pemilik Sinarmas Group ini masih mampu naik tipis hingga US$10,8 miliar (Rp 167 triliun).

5. Keluarga Salim

Anthony Salim dan keluarganya adalah salah satu taipan bisnis paling terdiversifikasi di dunia. Bisnisnya mencakup ritel, konsumen, keuangan, teknologi hingga pertambangan dan infrastruktur. Kekayaan meningkat tahun ini, salah satunya berkat keberhasilan IPO penambang tembaga terbesar kedua Amman Mineral International (AMMN).

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Sangat marah! Raja Batubara RI melampaui kekayaan pemilik Djarum-BCA

(fsd/fsd)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *