Informasi Terkini, MIND ID dan Pelindo Dikabarkan Ingin IPO

Uncategorized88 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – BUMN Industri Pertambangan Holding MIND ID dikabarkan akan menjual sahamnya ke publik yakni akan melakukan penawaran umum perdana (IPO) pada tahun ini. Ini informasi baru karena sebelumnya PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), anak usaha MIND ID, dikabarkan bakal IPO.

Berdasarkan sumber yang beredar di pasar yang diperoleh CNBC Indonesia, Jumat (4 Mei 2024), sebenarnya ukuran Inalum dinilai terlalu kecil. Nah yang diusulkan untuk go public dalam waktu dekat adalah MIND ID.

Seperti diketahui, MIND ID berhasil mencatatkan pendapatan sebesar Rp 126 triliun pada tahun 2022. Pada tahun yang sama, total aset MIND ID juga mencapai Rp229,3 triliun, laba bersih mencapai Rp22,5 triliun, dan EBITDA mencapai Rp36,7 triliun.

Sebelumnya diberitakan Inalum bakal menggelar IPO pada 2024. Meski belum diketahui kapan IPO akan dilakukan. Sebelum IPO, perseroan akan melakukan kegiatan korporasi pra IPO, terutama bekerja sama dengan mitra strategis.

Rencana IPO ini terjadi setelah perseroan berpisah dari induk perusahaan MIND ID Mining BUMN Holding pada 21 Maret 2023.

“Rencana awalnya Inalum akan IPO pada tahun 2024, namun mengingat kondisi dan kesiapannya, maka direncanakan pra-IPO akan dilakukan pada tahun 2024 dan kami akan membuka nilai Inalum dengan menjalin aliansi strategis dengan pemain global yang sudah mapan. di industri aluminium,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR, Jakarta, Kamis (24 Agustus 2023).

Selain MIND ID, BUMN lain yang dikabarkan akan go public antara lain BUMN Pelabuhan Indonesia Port Corporation (IPC) atau PT Pelindo II (Persero).

Meski sebelumnya sempat disebut-sebut siap mencatatkan kedua anak usahanya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun ini, kabar terkini BUMN pelabuhan holding akan mencatatkan sahamnya di bursa. Sama seperti MIND ID, Pelindo diyakini memilikinya. ukuran yang lebih besar dari kedua anaknya.

Baca Juga  Terungkap! Ternyata Pamela Safitri Sudah Lama Perang Dingin dengan Dinar Candy Karena Hal Ini

Dua anak usaha Pelindo yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) dan PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) sebelumnya dikabarkan akan go public. Meski belum ada rincian kapan kedua anak perusahaan ini akan IPO di pasar BEI.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel selanjutnya

Jual Saham INCO Mahal, Proyek Vale Terancam Batal?

(ay/ay)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *