Emiten Prajogo Pangestu akan pisahkan perseroan, ini urusannya

Uncategorized136 Dilihat


Jakarta, CNBC Indonesia – Emiten konglomerat Prajogo Pangestu, PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA), akan melakukan spin-off terhadap tiga unit usahanya di bisnis infrastruktur yakni pelabuhan, marina, dan pergudangan ke anak perusahaan transportasi. dan sektor pergudangan, PT Chandra Pelabuhan Nusantara (CPAT).

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), manfaat pemisahan ini adalah memperkuat struktur permodalan agar pengembangan dan pengelolaan aset lebih optimal sehingga dapat mendukung pemenuhan kebutuhan klien terkait bisnis pelabuhan, dermaga, dan pergudangan.

Kemudian melakukan diversifikasi pengembangan bisnis dengan memiliki kepemimpinan yang fokus, kompetitif dan fleksibel dalam pengambilan keputusan dan peluang bisnis.

Hal ini juga membuka peluang kolaborasi dan sinergi strategis untuk mengembangkan bisnis dan mengantisipasi peluang bisnis di masa depan. Serta menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham.

“Sampai dengan tanggal pengumuman ringkasan rencana pemisahan ini, perseroan sedang dalam proses penyusunan laporan keuangan konsolidasi perseroan dan anak perusahaan yang telah diaudit untuk periode 31 Desember 2023,” tulis manajemen, Senin (18). /3). ).

Diharapkan CPAT mampu memperkuat struktur permodalan serta mampu melakukan pengembangan dan pengelolaan aset secara lebih intensif dan efisien di masa mendatang, khususnya yang berkaitan dengan pelabuhan, dermaga, dan pergudangan.

“CPAT yang nantinya akan dipisah-pisahkan diharapkan mampu menopang permintaan di sektor jasa pelabuhan, dermaga, dan pergudangan,” ujarnya.

Untuk mempercepat dan mendiversifikasi pengembangan usaha, CPAT diharapkan menjadi lebih fokus, kompetitif dan fleksibel dalam pengambilan keputusan dan peluang usaha.

Selain itu, rencana pemisahan tersebut merupakan upaya diversifikasi pengembangan usaha khususnya pelabuhan, dermaga, dan pergudangan.

Potensi Kolaborasi Strategis dan Sinergis: CPAT diharapkan dapat membuka peluang kolaborasi strategis dan sinergis untuk menciptakan nilai tambah bagi CPAT dan grup perusahaan serta mewujudkan peluang bisnis di bidang bisnis tersebut.

Baca Juga  Luar Biasa Fans JKT48! Shopee Live Erigo Tembus Rekor Omzet 5 Miliar Kurang Dari 10 Menit!

Selain itu, terciptanya efisiensi pengelolaan aset, akselerasi dan pengembangan bisnis, serta potensi kolaborasi strategis diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan dan menciptakan nilai tambah bagi pemegang saham sebagai tujuan akhir pemisahan.

[Gambas:Video CNBC]

Artikel berikutnya

Inilah 4 Sumber Kekayaan Prajogo Pangestu yang Bakal Menjadi Taipan Terkaya RI

(mx/mx)


Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *